Berikut ini contoh soal sejarah kelas 11 tentang materi pendudukan Jepang di Indonesia. Jepang berhasil menduduki Indonesia dan melaksanakan penjajahan yang sama kerasnya dengan Belanda. Dampak pendudukan Jepang bagi Indonesia sangat dirasakan rakyat. Untungnya Jepang menyerah kepada sekutu semenjak bom Hiroshima dan Nagasaki sehingga Indonesia bisa memerdekakan diri.
1. Pasukan Jepang memiliki semangat juang dan disiplin tinggi sebab pasukan Jepang berpegang teguh pada kode etik keprajuritan yang disebut ....
a. samurai
b. jibaku tai
c. bushido
d. saikeirei
e. shintoisme
2. Tentara ke 25 dalam struktur pemerintahan militer Jepang di Indonesia memerintah wilayah ....
a. sumatera
b. jawa dan bali
c. jawa dan madura
d. kalimantan
e. sulawesi dan nusa tenggara
3. Pada mulanya Jepang datang ke Indonesia dengan membawa simpati yaitu ....
a. pendidikan adalah untuk masyarakat umum
b. membebaskan bangsa Asia dari penjajahan barat
c. kemakmuran merata bagi seluruh rakyat Indonesia
d. pembangunan teknologi dan militer kuat
e. tunjangan sosial bagi kaum yang lemah
4. Guna mendapat dukungan rakyat Indonesia, Jepang membentuk gerakan 3A. Dalam organisasi 3A ada pemimpin dari pihak Indonesia yaitu ....
a. Ir. Soekarno
b. Mr. Samsudin
c. Mr. Soepomo
d. Mr. Muh Yamin
e. Drs. Moh Hatta
5. Berikut ini adalah tokoh-tokoh empat serangkai pendiri Poetra kecuali ....
a. Ir Soekarno
b. Ahmad Soebardjo
c. Moh Hatta
d. K H Mas Mansur
e. Ki Hajar Dewantara
6. Tujuan pemerintahan Jepang membentuk Poetra adalah ....
a. mengembangkan kesadaran politik para pemuda
b. melatih militer kaum muda pribumi
c. membujuk kaum nasionalis sekuler dan intelektual
d. menghilangkan kecurigaan terhadap Jepang
e. membujuk kaum nasionalis Islam
7. Jepang mendarat pertama kali di Indonesia pada tanggal 11 Januari 1942 di pulau ....
a. Sumatera
b. Jawa
c. Sulawesi
d. Kalimantan
d. Maluku
e. Kalimantan
8. Kaisar Meiji memimpin perubahan yang cepat di Jepang dari pemerintah shogun feodal menjadi sebuah kekuatan dunia. Kata "Meiji" memiliki arti ....
a. kekuasaan pencerahan
b. keutamaan bangsa
c. keunggulan nasional
d. kekuasaan perubahan
e. revolusi cara berpikir
9. Tujuan pemerintahan pendudukan Jepang membutuhkan tenaga kerja romusha dalam jumlah besar adalah ....
a. membantu tentara dalam peperangan di wilayah Pasifik melawan tentara sekutu
b. memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja di perkebunan sekitar Jawa dan Sumatera
c. membangun pengkalan-pangkalan militer guna menghadapi serangan tentara sekutu
d. membangun fasilitas-fasilitas umum guna mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
e. memenuhi kebutuhan perang Jepanga dalam waktu singkat dan cepat
10. Salah satu dampak pendudukan Jepang dalam bidang sosial kemanusiaan adalah adanya jugun ianfu. Istilah ini mengacu pada ....
a. perempuan yang mendapat beasiswa pendidikan dari Jepang
b. perempuan Indonesia yang diperbantukan dalam bidang logistik Jepang
c. pembantu rumah tangga di keluarga-keluarga Jepang di Indonesia
d. perempuan yang direkrut Jepang untuk dijadikan penghibur
e. kaum pekerja paksa dari kalangan perempuan Jepang
11. Perlawanan rakyat Indramayu disebabkan oleh adanya ....
a. kewajiban seikerei
b. pengibaran bendera Hinomaru di balai desa
c. perlakuan sewenang-wenang dari tentara Jepang
d. penculikan paksa para pemudah untuk kebutuhan romusha
e. kewajiban menyetorkan sebagian hasil padi yang memberatkan penduduk
12. Salah satu gerakan bawah tanah yang berhasil menyadap siaran sekutu adalah ....
a. Amir Syarifudin
b. Ahmad Subardjo
c. Sutan Syahrir
d. Wikanan
e. Sukarni
13. Berikut ini bukan termasuk dampak dari pendudukan Jepang dalam bidang ekonomi yaitu ....
a. kebijakan self-sufficiency
b. menyita aset-aset ekonomi yang penting
c. terbentuknya stratifikasi dalam masyarakat
d. melakukan pengawasan yang ketat dalam bidang ekonomi
e. setoran wajib da kerja paksa yang dibebankan pada rakyat Indonesia
14. Di masa pendudukan Jepang, aktivitas pendidikan formal di sekolah-sekolah Indonesia mengalami penurunan karena ....
a. pendidikan pemudah terfokus di militer
b. skolah hancur karena perang Asia Timur Raya
c. sekolah dianggap sebagai sumber pemberontakan
d. tidak tersedianya danan untuk pendidikan di Indonesia
e. guru-guru melakukan aksi mogok menuntut kesejahteraan
15. Jepang mendirikan Keimin Bunkei Shidoso dengan tujuan ....
a. menciptakan lapangan kerja bagi romusha
b. mengamankan pertahanan di tingkat desa
c. mendukung kegiatan propaganda Jepang
d. mensosialisasikan kebijakan sikerei
e. mengawasi partai-partai politik
ESAI
1. Jelaskan kronologi singkat restorasi Meiji di Jepang!
2. Mengapa pada awalnya tokoh-tokoh Indonesia menerima dengan baik kedatangan Jepang?
3. Kemukakan dampak pendudukan Jepang di bidang ekonomi bagi Indonesia!
4. Ceritakan tentang perlawanan Peta di Blitar!
5. Sebutkan 3 wilayah militer Jeang untuk wilayah Asia Tenggara! Sumber https://geograph88.blogspot.com/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar